Pemerintah Akan Tutup Sumur Minyak di Aceh Timur

By Gampong IT Rabu, 02 Mei 2018
Bupati Aceh Timur Hasballah HM Thaib (Rocky). Foto: Blogspot.com

Aceh Timur | Dianggap mendesak dan membahayakan, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, berencana akan menutup sumur pengeboran minyak warga di Kecamatan Ranto Peureulak Kabupaten Aceh Timur Provinsi Aceh.

Hal itu disampaikan Bupati Aceh Timur, Hasballah HM Thaib atau Rocky, ketika meninjau langsung tempat kejadian perkara ledakan sumur minyak yang telah mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dari masyarakat setempat.

"Penyulingan minyak illegal ini harus segera ditutup, karena kebakaran yang menimbulkan korban jiwa sudah terjadi berulang-ulang," kata Rocky sebagaimana dilansir Atimnews.com Kamis (26/4/2018).

Kebakaran Sumur Minyak Aceh Timur. Foto: Dok MODUSACEH.CO

 

Masih dilansir Atimnews, Bupati meminta kepada aparat kepolisian segera melakukan langkah cepat menutup kawasan itu agar tidak ada lagi warga yang melakukan penyulingan minyak secara illegal di tempat tersebut.

"Aparat penegak hukum harus mengambil sikap dengan menertibkan sumur-sumur minyak illegal ini. Begitu juga dengan PT. Pertamina harus menutup seumur yang telah dibuka oleh masyarakat," tegas Rocky.

Menurut Bupati Rocky, kerjadian tersebut memang sudah terjadi berulang kali. Api yang keluar pada saat terjadi ledakan Rabu (25/4/2018) kemarin sulit dipadamkan karena yang keluar bukan hanya semburan minyak dan air, namun juga gas.

"Ini bukan sekedar minyak dan air yang keluar, tapi tekanan gas juga menjadi menyebabkan api sulit dipadamkan. Tapi kita sudah minta PT Pertamina EP Rantau, segera melakukan penutupan sumur-sumur minyak yang dibukan secara illegal oleh masyarakat," ungkap Rocky.

Korban Kebakaran Sumur Minyak Aceh Timur Tiba di RSUDZA. Foto: MODUSACEH.CO

 

Peristiwa meledaknya sumur minyak di Gampong (Desa) Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak Kabupaen Aceh Timur, Rabu (25/4/2018) dinihari, telah mengakibatkan 19 korban meninggal dunia dan lebih dari 40 lainnya mengalami luka berat. Seluruh korban luka berat dilarikan ke Rumah Sakit terdekat guna mendapatkan perawatan intensif.

Sejumlah rumah sakit yang menampung korban kebakaran akibat ledakan sumur minyak illegal itu adalah; RSUD Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak, RSUD Dr. Zubir Mahmud Aceh Timur, RSU Graha Bunda Idi Rayeuk, RSU Adam Malik Sumatera Utara dan RSUD Zainal Abidin Banda Aceh. Hingga saat ini korban luka berat masih menjalani perawatan.


modusaceh.co

No Comment to " Pemerintah Akan Tutup Sumur Minyak di Aceh Timur "