Masyarakat Dilarang Berfoto di Masjid Agung Meulaboh

By Gampong IT Minggu, 29 April 2018
Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh. Foto: flickr.com

ACEH BARAT - Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh mulai tahun ini melarang pengunjung masjid untuk selfie atau bersuwa foto di dalam perkarangan masjid. Larangan tersebut dilakukan karena dianggap masjid merupakan tempat ibadah.

Ketua BKM Mesjid Agung Baitul Makmur, Anwar, mengatakan mengabadikan momen di mesjid bukan sebuah kegiatan yang baik, bahkan dapat memperburuk citra dari keberadaan masjid yang seharusnya hanya sebagai tempat ibadah.

“Kami larang karena masjid itu bukan tempat berselfie, tapi tempat ibadah. Masa tempat ibadah mau dijadikan tempat beria-ria dengan selfie, itu salah dan mengganggu orang lain yang sedang ibadah,” kata Anwar kepada AJNN, Jumat (27/4).

Tal hanya selfie, tidak tertutup kemungkinan saat ada kegiatan ijab kabul juga dilarang mengabadikan momen itu dengan berswafoto. Meski demikian untuk kegiatan ijab kabul, nantinya akan dicari solusinya dengan membicarakannya dengan ulama dan majelis adat.

“Hanya momen ketika ijab kabul dan foto keluarga sebagai kenangan yang kami izinkan untuk difoto, lebih dari itu tidak kami perkenankan,” ungkapnya.

Jikapun ada wisatawan yang mengunjungi mesjid tersebut, hanya diperbolehkan melihat keindahan mesjid saja, tapi tidak boleh mengabadikan masjid tersebut lewat foto.

“Untuk larangan ini akan segera kami sosialisasikan lewat baliho, dan khutbah atau ceramah di masjid,” ujarnya.

Anwar mengungkapkan aturan baru tersebut dibuat bukan keinginan pribadi, tetapi berdasarkan masukan dari masyarakat.

“Kalau masyarakat ingin mengabadikan momen dengan selfie, kami akan sediakan tempat khusus di luar halaman masjid, tepatnya dipamplet nama masjid,” ujarnya.

Menurutnya aturan baru tersebut seharusnya sudah lama ingin diterapkan, namun dilakukan bertahap. Bahkan, kata dia, di daerah lain sudah terlebih dahulu mengeluarkan larangan selfie di masjid.

“Kami juga sudah mengeluarkan beberapa aturan baru lainnya, seperti larangan merokok di kompleks masjid, foto prewedding dan juga bermain sepeda dan sepatu roda,” ungkapnya.


ajnn.net

No Comment to " Masyarakat Dilarang Berfoto di Masjid Agung Meulaboh "