Masih Penasaran, Alasan Barli Asmara Getol Kembangkan Batik Jambi

By Gampong IT Minggu, 25 Maret 2018
Barli Asmara penasaran kembangkan batik jambi (Foto:Ilustrasi/Antarafoto)

 

INDONESIA hadir dengan berbagai ragam kebudayaan, maka tidak heran dari segi warisan budaya, Indonesia adalah negara yang sangat kaya.

Salah satu warisan kekayaan budaya yang paling populer atau bisa dibilang paling eksis di benak masyarakat luas, ialah batik.

Ya, batik Indonesia dengan segala keindahannya kini memang sudah lebih menggaung secara lingkup domestik namun juga telah mengembangkan sayapnya di kancah internasional. Salah satu misal contohnya mulai dari cukup seringnya desainer-desainer lokal membawa keindahan batik di panggung pagelaran busana di luar negeri, hingga tampilan beberapa selebriti dunia yang tertangkap kamera mengenakan busana atau aksesori bermotif batik.

 BACA JUGA:

'Mati Suri'-nya Batik Tiga Negeri, Batik Buatan Warga Pecinan yang mulai Ditinggal Peminat

Akan tetapi di balik ketenaran dan nama besar dari batik itu sendiri, tidak bisa dipungkiri bahwa selama ini jika kita sebagai orang awam mendengar kata batik, maka yang terlintas di pikiran adalah batik dari Tanah Jawa. Padahal tahukah Anda, bahwa daerah di Indonesia di luar Tanah Jawa pun juga memiliki kekayaan budaya motif batik. Seperti contohnya, batik khas Jambi.

 

Bicara soal batik Jambi, salah satu desainer ternama Tanah Air, Barli Asmara diketahui telah menjadi sosok yang sudah cukup lama getol untuk menampilkan karya-karya rancangannya dengan menggunakan batik Jambi. Barli sendiri diketahui baru saja menggelar acara pagelaran busana pada Jumat, 23 Maret 2018 malam lalu dengan mengusung tema batik Jambi berjudul 'Batik Berkah by Barli Asmara' sebagai hasil kolaborasinya bersama dengan Batik Berkah.

Namun sebetulnya, alasan apakah yang mendasari seorang Barli masih tertarik untuk mau mengembangkan batik khas Jambi ini dibandingkan batik-batik dari daerah lain? Menjawab hal ini, Okezone pun bertanya langsung kepada Barli.

 BACA JUGA

Cara Desainer Ajak Generasi Milenial untuk Mencintai Batik

"Selain karena saya adalah duta Jambi, yang mana tugasnya salah satunya mengangkat kebudayaan daerah. Kenapa masih tertarik explore batik Jambi ini, saya pribadi melihat banyak orang yang enggak tahu kalau Jambi itu ternyata punya batik. Lalu saya sendiri masih penasaran dengan batik Jambi, masih penasaran lah soal dari segi penerapan batik dengan warna-warna salem, warna pastel yang mana warna-warna ini keluar dari zona aman warna batik Jambi sebelumnya," papar Barli saat ditemui Okezone dalam acara konferensi pers 'Batik Berkah by Barli Asmara," baru-baru ini di kawasan Jakarta Pusat.

 

Barli menambahkan, ia melihat bahwa batik Jambi ini sendiri padahal hadir dengan ragam motif yang sangat banyak, berjumlah kurang lebih dua ratus motif yang mana juga disebutkan pria berkacamata tersebut menjadi salah satu keunggulan batik khas Jambi dibandingkan dengan batik-batik dari daerah lain. Namun, pada kenyataannya masih begitu banyak motif yang belum terekspos ke masyarakat Indonesia. Maka dari itu dirinya masih tertarik untuk menggaungkan batik Jambi lebih luas lagi.

"Motifnya banyak yang bisa diangkat, kurang lebih batik Jambi ada 200 motif tapi ya memang pemasarannya kurang. Selain hal ini, saya juga merasa masih banyak yang belum kerangkul ke pengrajin batiknya, saya di luar kerja sebagai seorang desainer saya merasa sudah ada ikatan emosional dengan batik Jambi ini," pungkasnya.

(ndr)


okezone.com

No Comment to " Masih Penasaran, Alasan Barli Asmara Getol Kembangkan Batik Jambi "