Jokowi Minta CPNS Amati Revolusi Industri 4.0

By Gampong IT Selasa, 27 Maret 2018
CPNS mendengarkan kuliah umum yang diberikan Presiden Joko Widodo (Foto: Lidya Julita/Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hasil perekrutan tahun 2017 bisa memahami dan mampu mengikuti perkembangan teknologi industri. Pasalnya, Presiden Jokowi menilai, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat cepat saat ini.

Baca Juga; Di Hadapan CPNS, Jokowi: Indonesia Maju Jika Birokrat Tangguh dan Kerja Keras

Jika Indonesia tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi, kata Jokowi, akan semakin tertinggal dengan negara lainnya. Dia juga menyatakan, robot bahkan sudah mulai mengambil alih tugas manusia yang dilakukan oleh negara maju. Indonesia mau tidak mau harus mengikuti dan harus paham untuk menghadapi perkembangan teknologi.

"Coba amati, revolusi industri 4.0 yang antara lain mengembangkan otomasi, artificial intellegence, advance robotic, yang membawa perubahan besar dalam tatanan dunia. Ini harus kita sadari dan pahami bersama. Karena perubahan teknologi tersebut akan memunculkan tantangan baru," ungkapnya di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Saya Tahu CPNS Masih Banyak yang Jomblo

Menurutnya, di era teknologi saat ini bahkan sosial dunia akan berubah menjadi interaksi melalui digital. Ini akan menjadi dominan yang dilakukan masyarakat. Selain interaksi dominan dilakukan melalui sosial media atau melalui teknologi, Jokowi juga menyebut politik dunia juga akan berubah mengikuti era teknologi.

"Landscape politik pun akan berubah dengan berkembangnya sosial media dan semakin aktifnya netizen," katanya.

Baca Juga: Presiden Jokowi ke CPNS: Kalian Generasi Terbaik Bangsa

Dengan kondisi era digital saat ini, maka Presiden meminta agar semua CPNS bisa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Harus mengikuti gagasan inovatif yang ada, dinamika sosial, politik dan ekonomi dan juga harus mendengar keinginan masyarakat itu apa," tukasnya.

(kmj)


okezone.com

No Comment to " Jokowi Minta CPNS Amati Revolusi Industri 4.0 "