Jerman Ingin Disiplinkan Facebook Gara-Gara Kebocoran Data

By Gampong IT Selasa, 27 Maret 2018
Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Perusahaan seperti Facebook harus menghadapi aturan yang lebih ketat dan hukuman yang lebih keras yang dijatuhkan oleh pihak berwenang dalam perlindungan data yang jauh lebih lengkap. Hal ini dikatakan oleh menteri kehakiman Jerman Katarina Barley setelah bertemu dengan para eksekutif senior Facebook, Senin waktu setempat.

Katarina Barley memanggil para bos Facebook, termasuk kepala urusan hubungan masyarakat wilayah Eropa Facebook Richard Allan, setelah muncul tudingan bahwa data dari jutaan pengguna Facebook telah disalahgunakan oleh perusahaan konsultan Cambridge Analytica untuk membidik para pemilih Amerika Serikat dan Inggris dalam Pemilu dan referendum Brexit.

"Facebook mengakui penyalahgunaan dan dampak-dampak di masa lalu dan sejak itu telah memberikan jaminan bahwa hal-hal seperti tidak akan terjadi lagi," kata Barley.

"Namun janji belumlah cukup. Di masa mendatang kita harus mengatur perusahaan-perusahaan seperti Facebook dengan jauh lebih ketat lagi," jelasnya.

Informasi yang beredar sebelumnya mengungkapkan, seorang pengguna Facebook menemukan fakta di balik cara kerja media sosial tersebut.

Baru-baru ini, Dylan McKay menyatakan bahwa dia menemukan sebuah rahasia sesaat setelah dia mengunduh data pribadi milik Ibunya dari Facebook.

Dalam statusnya di Twitter, Dylan mengatakan bahwa dirinya sangat terkejut saat membuka file Zip milik Ibunya, dia menemukan bahwa aplikasi Facebook di ponsel ibunya secara diam-diam merekam hampir segala kegiatannya saat melakukan panggilan.

“Entah bagaimana ini memiliki seluruh riwayat panggilan Ibu saya dengan temannya,” ujar Dylan seperti dikutip dari laman ArsTechnica.

Baca juga: 2 Juta Anak Muda Tak Lagi Gunakan Facebook, Ada Apa?

Setelah menggali cukup dalam, Dylan pun semakin terkejut dengan apa yang dia temukan. Dia menjelaskan bahwa aplikasi Facebook telah menyimpan data pribadi ibunya termasuk nama, nomor telepon, dan lainnya.

Baca juga: Diam-Diam Facebook Ternyata Simpan Data Log Telp Sejak 2015

Paling mencengangkan, adanya fakta bahwa ada log panggilan di perangkat Android lamanya pada 2015 dan 2016. Tidak hanya itu, ditemukan juga data berupa pesan SMS dan MMS.

Hal ini menjadi sangat penting jika mengingat apa yang sedang terjadi di Facebook, yakni bocornya data 50 juta akun Facebook ke tangan yang tidak berhak memilikinya. Pengguna semakin takut jika data panggilan, SMS, dan lainnya juga ikut bocor.

(ahl)


okezone.com

No Comment to " Jerman Ingin Disiplinkan Facebook Gara-Gara Kebocoran Data "