Impor Daging Sapi asal Brasil, Bagaimana Kualitasnya?

By Gampong IT Senin, 26 Maret 2018
Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pemerintah kembali membuka keran impor daging sapi dari Brasil. Padahal sebelumnya diputuskan untuk tidak impor dari negara tersebut lantaran ada temua daging tidak layak konsumsi.

Menyikapi hal itu, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita mengatakan, Kementerian Pertanian tentu berhati-hati menjalankan tugas negara ini. Oleh karena itu, tim kementerian lebih dahulu berangkat ke sana untuk memeriksa dan menilainya.

"Sistem zona itu adalah sistem yang tidak berarti free risk atau nol risk. Selama daging itu masuk dengan PH di bawah 6 dan tanpa tulang, itu aman," tuturnya di Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (26/3/2018).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Kesehatan Masyarakat dan Beteriner Syamsul Ma'arif menambahkan, pihaknya akan lebih dulu memeriksa Rumah Potong Hewan (RPH) Brazil yang berencana impor ke Indonesia.

"Baru masuk 8 RPG. Masuk dulu siapa yang mau impor itu. Kita review apa memenuhi syarat semuanya. Baru kita konsen. Tim berangkan mudah-mudahan tanggal 6 (April) ini," tuturnya.

Menurut dia, menentukan negara layak impor daging, tidak mudah. Untuk itu, karena ini tuga negara yang memerintahkan memeriksa daging Brazil, akan dijalankan dengan sebaik-baiknya.

"Mudah-mudahan berangkat dulu. Waktu review ada atuurannya tergantung jumlahnya. Dalam tim ada PKH, Komisi Ahli dari PT ada," ujarnya.

Untuk jumlah impor, belum diketahui berapa. Yang jelas, kebutuhan kita sampai tahun 660.00 ton, sedangkan ketersedian daging dalam negeri hanya 400.000 ton.

"Sisanya itu yang kita amankan untuk sampai akhir tahun. Gitu. Yang jelas kalau kita itu defisit lah soal daging," ujarnya.

(rzy)


okezone.com

No Comment to " Impor Daging Sapi asal Brasil, Bagaimana Kualitasnya? "