5 Universitas Terbaik untuk Belajar Ilmu Komputer di AS

By Gampong IT Selasa, 27 Maret 2018
Harvard University (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Amerika Serikat memang menjadi salah satu negara destinasi para mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri. Sangat banyak pilihan universitas dan juga keilmuan yang tersedia di Amerika tentunya dengan kualitas yang mumpuni juga. Salah satunya, ilmu komputer yang memiliki cukup banyak peminat.

Dilansir dari Top Universities, berikut ini 5 universitas terbaik untuk mempelajari ilmu komputer di Amerika. Apa saja, sih?

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Massachusetts Institute of Technology (MIT) sukses mempertahankan peringkat pertamanya untuk ilmu komputer selama enam tahun berturut-turut. Tahun ini bahkan MIT mencapai skor tertinggi untuk reputasi pengajar.

2. Stanford University

Peringkat kedua diduduki salah satu universitas terkemuka di Amerika Serikat dan dunia, Stanford University mencapai skor sempurna berkat dampak penelitiannya. Departemen ilmu komputer Stanford telah memberi banyak kontribusi untuk kemajuan daerah tempat berdirinya, di pusat Silicon Valley. Banyak alumni yang juga telah mendirikan perusahaan-perusahaan sukses dan ternama di dunia, seperti Netflix, Mozilla Firefox, YouTube, Whatsapp, dan Google.

3. Carnegie Mellon University

Carnegie Mellon University yang berlokasi di Pittsburgh, Pennsylvania, secara konsisten mencapai skor tinggi di QS World University Rankings untuk ilmu komputer dan mencapai skor sempurna untuk kategori reputasi akademis.

Peneliti dari Carnegie Mellon telah banyak memberi sumbangsih dalam perkembangan berbagai aspek ilmu komputer, seperti jaringan komputer, pemrosesan paralel, bahasa pemrograman, robotika, rekayasa perangkat lunak, dan penemuan emoticon wajah tersenyum.

4. University of California, Berkeley (UCB)

University of California, Berkeley (UCB) mempertahankan posisinya sebagai yang keempat di dunia untuk ilmu komputer. Departemen Ilmu Komputer UCB menawarkan dua program sarjana yang sangat banyak diminati, salah satunya EECS Bachelor of Science, yang menggabungkan dasar-dasar ilmu komputer dan teknik elektro dalam satu bidang dan menjadi jurusan dengan kurikulum yang fleksibel dan perkuliahan yang praktis juga intensif.

5. Universitas Harvard

Berada di peringkat kelima di antara universitas terkemuka di dunia, Universitas Harvard menerima skor sempurna untuk reuptasi pengajarannya. Para ilmuwan komputer di universitas ini banyak melakukan penelitian yang sangat inovatif untuk teori komputasi, sistem & jaringan, privasi & keamanan, kecerdasan buatan, pencitraan, linguistik, dan banyak lagi. Departemen komputer Harvard telah mengumumkan rencana untuk memperluas gedung fasilitas ke Allston pada tahun 2020.

(sus)


okezone.com

No Comment to " 5 Universitas Terbaik untuk Belajar Ilmu Komputer di AS "