Kacamata Pintar Bakal Gantikan Smartphone, Mungkinkah?

By Gampong IT Jumat, 16 Februari 2018
(Foto: Magic Leap/Businessinsider)

JAKARTA - Smartphone telah menjadi barang yang dipakai banyak orang di seluruh dunia. Di sisi lain, perangkat lainnya seperti kacamata pintar juga terus dikembangkan.

CEO Magic Leap, Rony Abovitz berpikir bahwa perangkat kacamata pintar buatan perusahaannya suatu hari bisa menggantikan ponsel Anda. Tidak hanya ponsel, tetapi juga menggantikan televisi, laptop dan tablet pengguna.

Ia mengatakan hal ini dalam acara konferensi Recode’s Code Media pada Selasa, seperti dilansir Businessinsider, Kamis (15/2/2018). Ini adalah klaim yang berani dan ia bukan satu-satunya eksekutif perusahaan teknologi yang mengklaim bahwa smartphone suatu hari nanti akan mati.

Pada tahun lalu, CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengklaim bahwa augmented reality, teknologi untuk melapisi citra digital melalui dunia fisik bisa menggantikan apapun dengan layar juga. Microsoft juga mengungkapkan sentimen serupa, dengan CEO Satya Nadella sering menyebut head-mounted display sebagai 'komputer utama'.

Bila benar teknologi ponsel dapat digantikan, ini tampaknya menarik jika sepasang kacamata dapat memproyeksikan pesan teks, email, spreadsheet dan Netflix di depan Anda.

Baca juga: Gara-Gara Kacamata Pintar, Pendapatan Snapchat Anjlok, Kok Bisa?

Kacamata pintar kemudian menghadirkan alternatif yang menarik. Jika informasi diproyeksikan langsung ke mata manusia, itu mungkin bisa menghilangkan kebiasaan menunduk diam seperti yang dilakukan mereka yang menggunakan ponsel.

Baca juga: Alexa Bakal Hadir di Kacamata Pintar Berteknologi AR

Pada 2016 dilaporkan, Startup Magic Leap akhirnya mematenkan desain augmented reality miliknya. Paten yang disebut desain ornamental untuk headset virtual reality.

Sama seperti Microsoft Hololens, Magic Leap mungkin akan meletakkan digital interaktif untuk diproyeksikan lebih dari pandangan Anda ke dunia nyata.

Andy Fouche dari Magic Leaps mengungkapkan pada CNet bahwa desain paten itu tidak indikatif dengan desain yang akan dipakainya di masa depan. Dengan kata lain, desain tersebut tak perlu disebut akan menjadi desain augmented reality miliknya.

(ahl)


okezone.com

No Comment to " Kacamata Pintar Bakal Gantikan Smartphone, Mungkinkah? "