Taspen Siap Terapkan Pembayaran Pensiun Secara Digital Tahun Ini

By Gampong IT Minggu, 21 Januari 2018
Ilustrasi: (Okezone)

BOGOR - PT Taspen (Persero) menggandeng PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma), anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia (Persero), siap menerapkan layanan digital pembayaran pensiun pada kuartal I tahun 2018.

Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro mengatakan, penerapan secara digital ini akan mempermudah autentikasi peserta dan mempermudah perseroan dalam melakukan pemantauan ataupun pelaporan terhadap penyelenggaraan pembayaran pensiun.

”Saat ini jumlah peserta Taspen mencapai 2,5 juta pensiunan dengan penyaluran dana keseluruhan sebesar Rp7 triliun. Pembayaran secara digital ini akan mempermudah para peserta dan para karyawan Taspen,” kata Iqbal usai menghadiri peluncuran Layanan Digital Pembayaran Pensiunan Taspen di Bogor, Jawa Barat, Sabtu kemarin, 20 Januari 2018.

Baca Juga: Tingkatkan Layanan Kepesertaan,Taspen Gandeng Ditjen Perimbangan Keuangan

Adapun pemanfaatan teknologi melalui digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun meliputi pengembangan sistem new e-Dapem, dan penerapan Taspen Smartcard secara nasional di mitra bayar dengan menggunakan autentikasi online terpusat dengan berbasis data biometrik, seperti sidik jari, perekaman wajah, dan perekaman suara.

Pemanfaatan teknologi dimaksud dapat dijadikan sebagai bentuk pembuktian penerima pensiun masih hidup (proof of life) yang dapat diakses melalui aplikasi mobile. Aplikasi ini dapat diinstal pada smartphone dengan autentikasi mandiri penerima pensiun atau mitra bayar sehingga dapat mempermudah proses autentikasi agar lebih cepat, dan akurat.

”Kami akan mulai menerapkan layanan ini pada Mei-April 2018, diharapkan dalam 6-8 bulan ke depan sekitar 2,5 juta pensiunan sudah bisa memperoleh layanan digital pembayaran pensiun,” ujarnya.

Baca Juga: Keluhan Bos Taspen, Sekarang Lebih Banyak Pensiunan Ketimbang Pegawai Baru

Layanan digital pembayaran pensiun ini, kata Iqbal, diharapkan dapat mempermudah proses rekonsiliasi dan pelaporan, mempercepat layanan pensiun, penyajian laporan lebih cepat dan terukur. Hal ini juga sebagai bentuk pertanggungjawaban perseroan kepada pemerintah dalam mengelola dana pensiun aparatur sipil negara (ASN) sehingga meminimalkan terjadinya fraud (penerima pensiun tidak tepat sasaran).

”Kami pun memberikan nilai tambah melalui Taspen Smartcard yang berfungsi tidak hanya sebagai kartu identitas pensiun, juga sebagai kartu ATM dan debit, dan program loyalty atau diskon pada merchants yang bekerja sama dengan Taspen ataupun mitra bayar,” kata lqbal.

Baca Juga: TIPS KARIER: Ingin Pensiun di Usia 30 Tahun? Simak Kisah Pasangan Ini

CEO Telkomsigma Judi Achmadi menambahkan, perseroan siap mendukung infrastruktur yang dibangun untuk supporting digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun. Dalam hal ini, perseroan bertindak sebagai penyedia jasa menyediakan infrastruktur, dalam pengembangan sistem new e-Dapem dan enrollment.
(Heru Febrianto)

(yau)

(rhs)


okezone.com

No Comment to " Taspen Siap Terapkan Pembayaran Pensiun Secara Digital Tahun Ini "