Tahukah Anda, Ban Kendaraan Lebih Cepat Habis Ketika Melintas di Jalan Beton?

By Gampong IT Selasa, 16 Januari 2018
FOTO: Drivespark.com

JAKARTA - Pemerintah hingga saat ini terus melakukan perbaikan jalan di Jalur Pantura dengan sistem betonisasi. Namun ada juga yang diaspal ulang.

Namun tahukah anda bahwa jalan beton dan aspal memberi pengaruh yang berbeda terhadap ban kendaraan?

Petugas teknis produsen ban Michelin, M Fachrul Rozi mengatakan ban kendaraan cepat aus atau habis ketika melintas di jalan beton dibanding saat melaju di jalan aspal.

[Baca Juga: Awas! Jangan Salah Gunakan Cairan Antibocor pada Ban, Ini Penjelasannya]

Bahkan, menurutnya, ban akan lebih cepat lagi habis jika jalan beton itu bergaris. Sementara di jalan beton yang mulus ban akan lebih awet.

"Saya pikir semua ban lebih cepat abrasi di jalan beton, tapi saya tidak punya persentase untuk membandingkannya perbedaannya dengan di jalan aspal," ujarnya kepada Okezone.

Karena cepat habis itu pula, kata dia, banyak pengemudi yang mengeluhkan jalan beton. "Memang jalan beton bergaris itu membuat cengkraman ban ke jalan lebih mantap, tapi konsekuensinya ban cepat habis," tambahnya.

Lebih lanjut Rozi menjelaskan bahwa ban cepat habis di jalan beton karena gesekan dengan permukaan kasar membuat roda cepat abrasi. Sementara aspal yang cenderung lebih halus membuat daya gesek lebih minim.

[Baca Juga: Berikut 4 Tanda Ban Kendaraan Anda Harus Segera Diganti!]

(abp)


okezone.com

No Comment to " Tahukah Anda, Ban Kendaraan Lebih Cepat Habis Ketika Melintas di Jalan Beton? "