Sempati Star Kecelakaan Bertubi-tubi, Hari ini di Subulussalam dan Aceh Utara

By Gampong IT Selasa, 23 Januari 2018

BERITAKINI.CO, Banda Aceh | Belum lekang dari ingatan kecelakaan yang terjadi di Abdya pada 13 Januari 2018, dimana menyebabkan seorang meninggal ditabrak bus Sempati Star.

Hari ini, bus milik PT Bintang Sempati Star kembali mengalami kecelakaan. Tak tanggung, dua unit bus milik perusahaan itu mengalami kecelakaan, masing-masing di Subulussalam dan Aceh Utara.

Di Subulussalam, bus Sempati Star BL 7558 A terjun ke jurang di kawasan Desa Jontor, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam. Peristiwa itu terjadi pagi tadi dan merenggut nyawa seorang penumpang, dan belasan lainnya luka-luka.

Sementara di Aceh Utara, Sempati Star BL 7553 AA yang disupiri Abdul Rahman (35) asal Seunuddon, Aceh Utara, juga dilaporkan menabrak seorang nenek yang juga mengakibatkan korban tewas di tempat, pagi tadi.

Bus milik perusahaan ini memang memiliki riwayat kecelakaan yang cukup sering. Pada 8 Januari 2018, Sempati Star bertabrakan dengan Avanza di Bireuen dan mengakibatkan seorang meninggal dunia.

Selain di Abdya, Subulussalam, Aceh Utara, dan Bireuen, pada 22 Desember 2017 lalu, Sempati Star juga mengalami kecelakaan di jalan raya Pidie Jaya. Enam orang tewas dalam kejadian itu.

Sepanjang 2017, tak kurang dari 10 kali bus Sempati Star mengalami kecelakaan di berbagai daerah di Aceh. Baik itu kecelakaan tunggal maupun tabrakan  dengan kendaraan lain.

Fenomena ini membuat sejumlah kalangan menilai penting agar regulator menelusuri penyebab seringnya kecelakaan terjadi.

“Itu harapan kita agar clear, karena sudah berturut-turut seperti ini, penting untuk diinvestigasi dan diungkap ke publik hasilnya. Supaya tidak berimbas pada dunia transportasi di Aceh,” kata Ketua Masyarakat Transportasi Aceh (Matra) Herizal saat dimintai tanggapannya, Kamis (18/1/2018).

Jika nanti ditemukan adanya faktor kesalahan dari supir, kata Herizal, maka pengusaha transportasi harus membenahi cara-cara rekrutmennya. “Jadi sama-sama dunia usaha itu memperbaiki, bukan cuma Sempati Star saja yang melakukan pembenahan,” katanya.

Untuk investigasi ini, kata Herizal, merupakan domain Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Namun untuk melakukan penindakan di lapangan, itu domainnya Dinas Perhubungan di Aceh.

"Saya pikir, dengan kondisi saat ini, regulator sudah bisa bertindak," katanya.


beritakini.co

No Comment to " Sempati Star Kecelakaan Bertubi-tubi, Hari ini di Subulussalam dan Aceh Utara "