Reaksi Setya Novanto Dengar Kabar OSO Dipecat dari Ketum Hanura

By Gampong IT Senin, 15 Januari 2018
Setya Novanto. (Foto: Antara)

JAKARTA - Partai Hanura membuat geger masyarakat. Pasalnya, Oesman Sapta Odang (OSO) dikabarkan telah dipecat dari jabatannya sebagai ketua umum partai, menyusul adanya surat mosi tak percaya dari kader partai tersebut.

Terdakwa kasus korupsi E-KTP Setya Novanto (Setnov) kaget mendengar kabar dipecatnya OSO dari kursi Ketua Umum Partai Hanura. "Kenapa? Ya kan dia sukses dengan Hanura, bawa perkembangan yang baik, lebih agresif. Sudah keliatan Hanura makin lebih baik," kata Setnov sebelum menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2017).

Novanto mengaku memiliki kedekatan dengan sosok Ketua DPD RI itu. Menurut Setnov, OSO adalah sosok yang ceria dan selalu bertukar informasi dengannya sebelum menjadi tahanan KPK.

"Sangat baik, sahabat yang baik," singkat Setnov.

Setya Novanto Jalani Sidang Lanjutan Kasus korupsi KTP Elektronik

Diberitakan sebelumnya, pengurus Partai Hanura melayangkan mosi tidak percaya terhadap Oesman Sapta Odang. Pria yang akrab disapa OSO itupun diberhentikan dari kursi pimpinan tertinggi partai.

Pengurus Hanura dan OSO menggelar rapat di Hotel Manhattan membahas soal gejolak yang ada di internal Hanura saat ini. Para pengurus Hanura di berbagai daerah melayangkan mosi tidak percaya terhadap OSO sebagai Ketua Umum.

(Baca juga: Waketum Hanura soal OSO Dipecat: Harus Melalui Munaslub, Bukan Lewat Kumpul-Kumpul)

Di lokasi terpisah, pengurus Hanura juga menggelar konferensi pers mengumumkan pengganti OSO. Adalah Daryatmo yang ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Hanura.

Daryatmo mengatakan, dirinya menggantikan sementara posisi ketum setelah diberhentikannya Oesman Sapta Odang. Hanura segera menggelar Munaslub untuk memilih ketua umum baru.

Daryatmo mengklaim, pergantian Ketua Umum Hanura atas keinginan pengurus dari seluruh Indonesia. Sebanyak 27 DPD dan 400 DPC Hanura, kata dia, mengajukan mosi tak percaya terhadap Ketua Umumnya OSO yang juga Ketua DPD RI.

(Baca juga: Dipecat Pengurus Hanura, OSO Enggan Berkomentar)

"Mosi tidak percaya saat ini yang ada di Dewan Pembina itu ada 27 DPD Partai Hanura ditingkatkan provinsi, lalu ada 400-an tingkat cabang kabupaten kota,” kata ujar Daryatmo dalam konferensi pers di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Kami di sini melandasi rasa tanggung jawab merespons permintaan mereka, kami laksanakan hari ini atas kesepakatan menunjuk saya sebagai Plt Ketua Umum Partai Hanura Marsekal Madya TNI (Purn) Daryatno," lanjut Daryatno.

(qlh)


okezone.com

No Comment to " Reaksi Setya Novanto Dengar Kabar OSO Dipecat dari Ketum Hanura "