Ditargetkan Selesai Sebelum Asian Games, Konstruksi LRT Jakarta Malah Ambruk

By Gampong IT Senin, 22 Januari 2018
Foto: LRT Jakarta (antara)

JAKARTA - Pembangunan kereta api ringan (Light Rail Transit/LRT) DKI Jakarta rute Velodrome-Kelapa Gading bermasalah. Sebab konstruksi LRT di daerah Jakarta Timur, yang berada di Jalan Kayu Putih Raya, Kayu Putih, Pulo Gadung, ambruk pada Senin (22/2/2018) sekira pukul 00.10 WIB.

Akibat ambruknya konstruksi LRT yang menghubungkan Pulo Gadung-Velodrome tersebut melukai lima orang. Lima orang tersebut diduga merupakan para pekerja yang sedang mengerjakan jalur transportasi tersebut.

 Baca juga: Konstruksi Proyek LRT di Jakarta Timur Ambruk, 5 Orang Terluka

Jalur LRT yang roboh merupakan bagian dari penghubung Kelapa Gading-Velodrome yang rencananya digunakan sebagai persiapan menghadapi penyelenggaraan ASEAN Games tahun ini. Padahal proyek LRT sepanjang 5,8 km ditargetkan selesai pada Juni 2018.

Proyek transportasi massal yang menghabiskan anggaran Rp57 miliar itu sudah mulai dikerjakan sejak pertengahan 2016.

Sebagaimana informasi tersebut diperoleh Okezone dari akun resmi Twitter ‎Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta, @BPBDJakarta, 5 orang jadi korban akibat ambruknya konstruksi LRT.

 Baca juga: Siap Sebelum Asian Games, Pembangunan LRT Jakarta Sudah 80%

Belum diketahui kondisi terkini dari lima orang yang ‎menjadi korban ambruknya konstruksi LRT tersebut. Belum ada pihak petugas yang dapat dihubungi terkait kecelakaan kerja pembangunan jalur transportasi ini.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kalau penyelesaian proyek LRT masih sesuai target, yakni diperkirakan kelar selambat-lambatnya Juli 2018 dan secepat-cepatnya Juni 2018.

"Tadi kami laporkan ke Pak Menteri (Menteri Perhubungan) bahwa untuk terkait kesiapan Asian Games, LRT Insya Allah gerbongnya akan tiba di Indonesia April kita siap. Kemudian Mei-Juni dilakukan commissioning dan Insya Allah bulan Juli paling akhir sudah bisa operasi tapi kita harap Juni bisa kita lakukan," ujarnya usai rapat bersama Menhub, Senin 4 Desember 2017.

 Baca juga: Menko Luhut Targetkan Uji Coba LRT Jabodebek April 2019

Yang menjadi sorotan penting terkait pembangunan LRT, menurutnya menyangkut keselamatan (safety). "Terutama menyangkut soal safety, memastikan bahwa semua yang terkait safety, aman. Tadi kita sampaikan laporan itu," lanjut Anies.

(dni)


okezone.com

No Comment to " Ditargetkan Selesai Sebelum Asian Games, Konstruksi LRT Jakarta Malah Ambruk "