Angkat Kaki dari Rumah Dinas, Ridwan Kamil Pilih Ngontrak

By Gampong IT Minggu, 21 Januari 2018
foto: Ist

BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sudah meninggalkan rumah dinasnya terhitung Sabtu (20/1/2018) siang. Itu tidak lain karena ia akan menjadi kontestan di Pilgub Jawa Barat 2018 berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum.

Pria yang akrab disapa Emil itu meninggalkan rumah dinasnya dengan menggunakan mobil pribadi bersama keluarganya. Ia pindah ke rumah kontrakan di kawasan Cipaganti, Kota Bandung.

"Hari ini saya pindah kediaman karena sebagai kepala daerah saya harus memberikan contoh bahwa dalam proses pilkada tidak boleh menggunakan fasilitas negara," kata Emil dalam siaran pers yang diterima Okezone.

Ia lalu mengungkap alasan kenapa memilih mengontrak padahal memiliki rumah pribadi. Menurutnya, rumah pribadinya terlalu kecil jika sekaligus dipakai untuk urusan pemenangan pilgub.

Ia juga khawatir mengganggu kenyamanan warga sekitar. Sebab, di rumahnya nanti akan ada banyak lalu-lalang orang karena kepentingan untuk memenangkannya di pilgub.

 (Baca juga: Polisi Jabar Gelar Apel Pengamanan dan Ikrar Damai Jelang Masa Kampanye)

Emil mengatakan, ada dua rumah yang dikontraknya di Cipaganti. Satu rumah untuk tempat tinggal ia bersama keluarganya. Satu rumah lagi untuk posko pemenangan. Lokasi kedua rumah pun berdekatan untuk memudahkan koordinasi dan mobilisasi ia dan tim relawan.

 

Sementara itu, Emil akan cuti dari jabatannya sebagai Wali Kota Bandung terhitung 14 Februari mendatang. Ia akan cuti hingga beberapa bulan ke depan. Setelah cuti selesai, ia masih akan menjalani sisa jabatannya selama 2,5 bulan.

Di akhir masa jabatannya, setelah cuti selesai, ia mengaku tidak akan kembali ke rumah dinas. Tapi, ia akan menjalankan tugasnya sebagai Wali Kota Bandung.

"Tapi kan masa jabatan tinggal 2,5 bulan lagi, tanggung kan kalau pindah lagi ke sini (rumah dinas). Jadi kepindahan hari ini adalah pindah selamanya atau permanen," ungkapnya.

 (Baca juga: KPU Jabar Nyatakan 4 Paslon Pilgub Belum Memenuhi Syarat)

"Mungkin pendopo masih digunakan untuk kegiatan dinas, tapi tidak ada keluarga yang berhuni di sini lagi," jelasnya.

Selama tinggal di rumah dinas, ia mengaku banyak sekali suka-duka. Ia pun sudah merenovasi berbagai hal di lokasi agar lebih tertata dan enak dilihat.

Sementara kepada keluarganya, Emil sudah memberikan penjelasan agar mereka semua menerima harus pindah rumah lagi meski sudah betah di rumah dinas.

(wal)


okezone.com

No Comment to " Angkat Kaki dari Rumah Dinas, Ridwan Kamil Pilih Ngontrak "