Uang Menipis tapi Tagihan Kartu Kredit Fantastis, Ini Solusi Cerdas yang Patut Dicoba

JAKARTA - Di ujung tahun ini utang kartu kredit kamu menumpuk? Sementara kamu merasa hampir tidak mungkin melunasinya segera. Jangan pani...

Ilustrasi

JAKARTA - Di ujung tahun ini utang kartu kredit kamu menumpuk? Sementara kamu merasa hampir tidak mungkin melunasinya segera. Jangan panik dulu. Selama ada niat untuk melunasi utang tersebut, pasti ada jalan yang bisa ditempuh. Berikut tips dari HaloMoney.co.id agar kamu punya solusi keuanganmu!

1. Lakukan balance transfer ke kartu yang memiliki bunga terendah

Guna menarik lebih banyak nasabah, bank penerbit kartu kredit biasanya menawarkan suku bunga yang kompetitif. Beberapa bank menawarkan bunga 0%-2% selama 3 bulan per tama atau lebih. Sebab itu, bertanyalah dengan lengkap sebelum kamu mengajukan aplikasi kartu kredit baru.

Fasilitas memindahkan tagihan dari satu kartu kredit ke kartu kredit lain dinamakan balance transfer. Tidak ada salahnya mencoba cara melunasi kartu kredit Permata dengan memanfaatkan balance transfer. Konsekuensinya kamu memiliki kartu kredit baru dan harus menghentikan transaksi dengan kartu kredit bank Permata hingga tagihanmu lunas.

2. Buat skala prioritas kartu yang akan dilunasi

Apalagi jika kamu memiliki lebih dari dua kartu kredit, dan semuanya menunggak utang. Mana yang terbaik menjadi pilihan kamu, karena yang paling tahu kondisi keuangan adalah kamu sendiri.

Lunasilah tunggakan kartu kredit yang bunganya paling besar terlebih dahulu. Mengapa? Karena bunga tagihan itu bisa membuat kamu makin miskin bila tidak cepat diatasi. Setelah kartu kredit tersebut lunas, kamu bisa fokus dengan kartu kredit yang tunggakan bunga dan tagihannya lebih kecil.

3. Gali lubang kecil untuk tutup lubang besar

Cara ini bisa kamu lakukan bila benar-benar ingin lepas dari hutang kartu kredit. Kamu bisa mencari pinjaman untuk melunasi kartu kredit tersebut dengan cara mencari pinjaman tanpa bunga kepada keluarga dan kerabat terdekat dengan jaminan tertentu. Selain itu kamu bisa mencari pinjaman tanpa agunan dengan bunga murah sebesar 1% per bulan. Bunga pinjaman KTA ini lebih murah dari bunga kartu kredit yang sekarang sebesar 2,25% per bulan.

Oiya meski kamu mendapat pinjaman tanpa bunga dari keluarga, bukan berarti kamu tidak melunasinya. Begitu pula dengan pinjaman tanpa agunan bunga murah. Kamu harus puasa menggesek kartu kredit hingga utang KTA kamu lunas.

4. Jual aset atau pakai tabungan

Bila kamu memiliki aset atau tabungan, segera lunasi hutang kartu kredit kamu dengan dua hal tadi. Lebih baik kamu tidak punya tabungan atau dana investasi daripada kamu harus menanggung utang plus bunganya. Kamu pasti tahu kalau hutang kartu kredit memakai sistem bunga berbunga (compound interest), sehingga makin cepat kamu selesaikan, maka kemungkinan hutang membengkak akan semakin kecil.

5. Mencari pemasukan tambahan

Utang kartu kredit yang menumpuk harus disikapi dengan cara yang kreatif. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mencari pemasukan tambahan demi bisa membayar hutang tersebut. Aktivitas mencari tambahan pemasukan ini bisa kamu lakukan saat weekend atau malam hari sepulang dari pekerjaan rutin.

6. Negosiasikan dengan Bank

Solusi berikutnya ialah bernegosiasi dengan bank. Bernegosiasilah dan mintalah bank melakukan refinance hutang kartu kreditmu. Apalagi selama ini pembayaran kreditmu lancar, tidak pernah menunggak sehingga bank tiidak punya alasan untuk menolak permintaanmu. Salah satu poin yang bisa kamu ajukan ialah meminta bank menghentikan penambahan bunga hutang, sehingga jumlah hutang kamu tidak makin membengkak. Selain itu kamu bisa meminta diskon untuk pelunasan utang.

Begitulah cara singkat dan mudah melunasi tagihan kartu kredit yang perlu kamu ketahui. Gunakan situs HaloMoney.co.id untuk membandingkan sekaligus mengajukan kartu kredit dan pinjaman tanpa agunan dari berbagai bank.

(ris)


okezone.com
Nama

ajnn.net beritakini.co Bisnis Bola Celebrity Economy Inspirasi Internasional Kesehatan Lifestyle modusaceh.co News okezone.com Otomotif Sains Seleb Sport Sports Techno Travel tribunnews.com
false
ltr
item
News - Gampong IT - Update Berita Terkini: Uang Menipis tapi Tagihan Kartu Kredit Fantastis, Ini Solusi Cerdas yang Patut Dicoba
Uang Menipis tapi Tagihan Kartu Kredit Fantastis, Ini Solusi Cerdas yang Patut Dicoba
https://img-z.okeinfo.net/content/2017/12/18/320/1831984/uang-menipis-tapi-tagihan-kartu-kredit-fantastis-ini-solusi-cerdas-yang-patut-dicoba-6gankXaeTd.jpg
News - Gampong IT - Update Berita Terkini
http://news.gampongit.com/2017/12/uang-menipis-tapi-tagihan-kartu-kredit.html
http://news.gampongit.com/
http://news.gampongit.com/
http://news.gampongit.com/2017/12/uang-menipis-tapi-tagihan-kartu-kredit.html
true
2012571414433884913
UTF-8
Tidak ditemukan artikel apapun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua REKOMENDASI LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan posting yang sesuai dengan permintaan Anda Halaman Utama Minggu Senin Selesa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Silakan share untuk membuka Salin Semua Code Pilih Semua Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin