Penghina Panglima TNI Ditangkap, Mabes TNI Minta Masyarakat Bijak Gunakan Medsos

JAKARTA - Mabes TNI memberikan apresiasi kepada pihak Kepolisian yang menangkap penghina Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di media sos...

Panglima TNI Hadi Tjahjanto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mabes TNI memberikan apresiasi kepada pihak Kepolisian yang menangkap penghina Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di media sosial, Facebook dengan memposting konten berbau SARA dan diskriminasi, RAS dan Etnis.

"Tentu saja TNI mengapresiasi kinerja Polri. Panglima TNI adalah pejabat publik yang harus dihormati dan jaga bersama," ujar Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen MS Fadhilah kepada Okezone, Jakarta, Minggu (17/12/2017).

Pelaku sendiri diketahui seorang perempuan bernama, Siti Sundari Daranila (51) dan berprofesi sebagai seorang Dokter. Siti memposting foto Panglima beserta keluarga di akun Facebooknya dengan menggunakan identitas samaran, atas nama Gusti Sikumbang.

Lebih dalam, Fadhilah berharap dengan adanya kasus ini, kedepannya masyarakat lebih bijak dalam menggunakan media sosial di kehidupan sehari-hari. Dia meminta agar masyarakat tak bertindak gegabah saat beraktivitas di dunia maya.

"Disatu sisi pemberitaan yang tidak benar tentu memiliki tujuan yang tidak benar, maka harus diluruskan. Apa jadinya kalau negeri ini dipenuhi dengan fitnah dan berita bohong?," papar dia.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Pusat Lembaga Kajian Kepolisian (Lemkapi) Edi Hasibuan meminta polisi untuk mengusut kasus ini sampai ke akarnya. Dia juga menekankan pelaku harus diproses hukum secara tegas.

"Tetap kedepankan penegakan hukum. Jika ada pelanggaran hukum, polri harus tegas," kata Edi kepada Okezone terpisah.

Maraknya kejahatan di Siber, Edi menyatakan bahwa masyarakat saat ini harus lebih arif dan bijaksana dalam menggunakan medsos. Mengingat, saat ini, polisi juga mengawasi dunia maya selama 24 jam.

"Tidak ada yabg kebal hukum. Masyarakat jangan lagi main medsos yang menyebarkan pencemaran nama baik pihak lain. Mari menggunakan medsos dengam santun dan tidak ada menyebar ujaran kebencian. Zaman kini sudah berubah," papar Edi.

Dalam hal ini, Facebook Dokter Siti juga ditemukan postingan yang sifatnya pencemaran nama baik dan penghinaan terhadap Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Sejauh ini, motif pelaku sendiri diketahui lantaran tidak puas dengan kebijakan pemerintah saat ini.

Atas perbuatannya pelaku dijerat dengan Pasal 45A ayat (2) Junto Pasal 28 ayat 2 Undang Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Dan Pasal 16 Junto pasal 4 huruf b angka 1 undang-undang Nomor 40 Tahun 2008 Tentang Penghapusan Diskriminasi Ras Dan Etnis.

(muf)


okezone.com
Nama

ajnn.net beritakini.co Bisnis Bola Celebrity Economy Inspirasi Internasional Kesehatan Lifestyle modusaceh.co News okezone.com Otomotif Sains Seleb Sport Sports Techno Travel tribunnews.com
false
ltr
item
News - Gampong IT - Update Berita Terkini: Penghina Panglima TNI Ditangkap, Mabes TNI Minta Masyarakat Bijak Gunakan Medsos
Penghina Panglima TNI Ditangkap, Mabes TNI Minta Masyarakat Bijak Gunakan Medsos
https://img-k.okeinfo.net/content/2017/12/18/337/1831911/penghina-panglima-tni-ditangkap-mabes-tni-minta-masyarakat-bijak-gunakan-medsos-DQVCN7kJzc.jpg
News - Gampong IT - Update Berita Terkini
http://news.gampongit.com/2017/12/penghina-panglima-tni-ditangkap-mabes.html
http://news.gampongit.com/
http://news.gampongit.com/
http://news.gampongit.com/2017/12/penghina-panglima-tni-ditangkap-mabes.html
true
2012571414433884913
UTF-8
Tidak ditemukan artikel apapun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua REKOMENDASI LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan posting yang sesuai dengan permintaan Anda Halaman Utama Minggu Senin Selesa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Silakan share untuk membuka Salin Semua Code Pilih Semua Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin