Kritik Keras Ray Rangkuti untuk Anies-Sandi yang Dinilai Selalu 'Menyalahkan' Ahok

TRIBUNNEWS.COM - Pengamat politik LIMA Ray Rangkuti melayangkan kritik pedas untuk Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno. K...

Ray Rungkuti, Pengamat Politik, di acara diskusi

TRIBUNNEWS.COM - Pengamat politik LIMA Ray Rangkuti melayangkan kritik pedas untuk Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno.

Kritik itu dilayangkan Ray Rangkuti dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) TV One bertajuk 'RAPBD DKI 2018: Serangan Pertama untuk Anies-Sandi'.

Dalam pembahasan soal RAPBD DKI 2018, Ray Rangkuti mengkritik cara komunikasi Gubernur DKI Anies Baswedan dan wakilnya, Sandi menanggapi polemik itu.

Baca: Tok, DPRD DKI Sahkan APBD DKI Senilai 77,11 Triliun

Ray Rangkuti mengaku mencermati komunikasi Anies dan Sandi ketika membahas atau menanggapi polemik RAPBD DKI 2018.

Menurut Ray Rangkuti, Anies dan Sandi terlalu berlebihan 'menyalahkan' gubernur sebelumnya, yakni Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Saya merasa dalam beberapa bulan terakhir ini, saya mencermati betul cara komunikasi Bung Sandi dan Bung Anies yang selalu menyebut nama Ahok sebagai seolah-0lah negatif, setiap pemda DKI dikritik, itu sudah sangat berlebihan," ujar Ray dalam acara yang ditayangkan pada Rabu 29 November 2017.

Ray Rangkuti mengatakan, soal polemik RAPBD DKI 2018, misalnya, hal yang negatif mengacu kepada sosok yang kini berada di balik jeruji tersebut.

Baca: Seperti Apa ya Helm yang Cocok untuk Wanita Berhijab?

"Sekali peristiwa mungkin kita bisa memahaminya, kalau itu masalahnya di masa lalu dan mau berubah. Dari perdebatan soal RAPD DKI ini, misalnya, hal yang negatif pasti me-refer ke Ahok, seperti jamannya Ahok atau kuncinya tidak dibuka," ujar Ray Rangkuti.

Ray Rangkuti pun menyoroti keganjilan pertambahan Rp5 triliun di RAPBD DKI jika 'kunci' yang diwariskan Ahok tidak bisa dibuka.

"Kalau kuncinya tidak bisa dibuka, kenapa bisa nambah Rp5 triliun. Asumsi sederhana saja. Kalau nambahi duit, kuncinya bisa dibuka. Kalau kurangi duit, kuncinya tidak bisa dibuka," ujar Ray Rangkuti.

Dan, Ray Rangkuti pun menilai Sandi dan Anies tidak elegan karena mengkritik orang yang tidak memiliki kesempatan untuk membela diri.

"Karena sekarang dia (Ahok) berada di dalam penjara, sehingga nggak berimbang informasinya," terang Ray Rangkuti.

Menurut Ray, Anies dan Sandi harusnya kini menerima tantangan tersebut sebagai diri sendiri serta tidak 'mengungkit' masa lalu.

"Enough. Anda harus muncul dong sebagai Anda. Terima tantangan ini juga sebagai Anda. Jangan sedikit-sedikit masa lalu. Itu berlebihan," tutur Ray Rangkuti.

Saksikan videonya mulai dari menit 4.05:

Disahkan

DPRD Provinsi DKI Jakarta telah mengesahkan anggaran, pendapatan dan belanja daerah (APBD) Tahun Anggaran 2018 DKI Jakarta sebesar Rp 77.117.365.231.898, pada Kamis (31/11/2017).

Gubernur Anies Baswedan yang ditemui usai rapat paripurna di gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, merasa bahagia atas tuntasnya tugas pertama di awal kepemimpinannya.

Meski ujar Anies, dinamika di wakil rakyat terjadi saat proses mengesahkan mulai dari RAPBD hingga menjadi APBD.

Baca: SBY Datangi Lokasi Banjir Pacitan Ditemani Ibu Ani, Agus dan Ibas

"Dinamika di dalam sidang adalah dinamika wakil rakyat, selalu normal. Kami merasa bahagia bahwa ini tuntas," kata Anies.

Namun, Anies perlu menyakini rasa syukur RAPBD yang telah disahkan jadi APBD diketok langsung oleh ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi dihadapan anggota DPRD dan tamu undangan.

"Pertama, kita bersyukur Alhamdulillah bahwa rancangan anggaran sudah disepakati dan kami juga mengapresiasi besarnya perhatian masyarakat terhadap rencana anggaran kita sampai detail," kata Anies.

Baca: Cerita Sujiwo Tejo Ketika Bondan Winarno Ditanya Agamanya, Ini Utang Rasaku ke Almarhum

Mantan menteri pendidikan pada era Presiden Joko Widodo ini pun mengaku perlu untuk melakukan evaluasi.

"Tugas kita adalah terus-menerus melakukan perbaikan dan kita dalam perjalanan satu bulan ini, justru sudah melihat, makin banyak melihat hal-hal mana yang harus kita perbaiki," kata Anies.

Nantinya menurut Anies, pihaknya akan kembali me-review anggaran.

"Banyak Pergub yang nanti kita akan review supaya anggaran yang nanti digunakan benar-benar memenuhi prinsip-prinsip keadilan, termasuk mekanisme yang selama ini ada itu banyak sekali," kata Anies.

DPRD Provinsi DKI Jakarta telah mengesahkan anggaran, pendapatan dan belanja daerah (APBD) Tahun 2018 DKI Jakarta sebesar Rp 77.117.365.231.898.

Sedangkan, tahun 2017 DPRD DKI Jakarta mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD DKI tahun 2017 menjadi Perda.

Total APBD DKI 2017 Rp 70.191.958.203.554.


http://www.tribunnews.com/metropolitan/2017/12/01/kritik-keras-ray-rangkuti-untuk-anies-sandi-yang-dinilai-selalu-menyalahkan-ahok
Nama

ajnn.net beritakini.co Bisnis Bola Celebrity Economy Inspirasi Internasional Kesehatan Lifestyle modusaceh.co News okezone.com Otomotif Sains Seleb Sport Sports Techno Travel tribunnews.com
false
ltr
item
News - Gampong IT - Update Berita Terkini: Kritik Keras Ray Rangkuti untuk Anies-Sandi yang Dinilai Selalu 'Menyalahkan' Ahok
Kritik Keras Ray Rangkuti untuk Anies-Sandi yang Dinilai Selalu 'Menyalahkan' Ahok
http://cdn2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/ray-rangkuti-nih2_20171108_165717.jpg
https://i.ytimg.com/vi/WTnZDpHYKjI/default.jpg
News - Gampong IT - Update Berita Terkini
http://news.gampongit.com/2017/12/kritik-keras-ray-rangkuti-untuk-anies.html
http://news.gampongit.com/
http://news.gampongit.com/
http://news.gampongit.com/2017/12/kritik-keras-ray-rangkuti-untuk-anies.html
true
2012571414433884913
UTF-8
Tidak ditemukan artikel apapun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua REKOMENDASI LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan posting yang sesuai dengan permintaan Anda Halaman Utama Minggu Senin Selesa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Silakan share untuk membuka Salin Semua Code Pilih Semua Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin