Setelah Badai 'Cempaka' Hantam Yogyakarta dan Pacitan, Selanjutnya Waspadai 'Dahlia' di Wilayah Ini

Banjir dan Longsor TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hari ini, Rabu (29/11/2017), berdasarkan pantauan BMKG, Siklon Tropis “Cempaka” di Selatan J...

Sejumlah warga di Kota Pacitan kesulitan mencari BBM. Sejumlah POM BBM, Kelurahan Mentoro, Kelurahan Ploso, Kelurahan Widoro, Kecamatan Pacitan tidak melayani pembeli akibat banjir. Selain itu, sejumlah penjual BBM eceran juga kehabisan stok pascabanjir, Rabu (29/11/2017) siang. (SURYA/Adi Bagus) 

Banjir dan Longsor

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hari ini, Rabu (29/11/2017), berdasarkan pantauan BMKG, Siklon Tropis “Cempaka” di Selatan Jawa telah melemah menjadi Depresi Tropis (eks-Cempaka) yang bergerak ke arah Barat Daya menjauhi perairan Indonesia.

Hal ini diutarakan oleh Kepala BMKG, Prof. Dwikorita Karnawati saat memberikan keterangan pers, Rabu sore.

Dampak dari eks-siklon tropis “Cempaka” memberikan pengaruh terhadap kondisi cuaca di Indonesia, seperti hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Selatan Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Lombok.

Dwikorita pun menambahkan bahwa eks-siklon tropis tersebut menyebabkan angin kencang hingga 20 knots (36 km/jam) yang berpotensi di wilayah Selatan Jawa. Sementara untuk kondisi perairan, menyebabkan gelombang tinggi 2.5-4 meter di perairan Selatan Banten hingga Selatan Jawa Tengah, Samudera Hindia Selatan Pulau Jawa.

Baca: Sempat Terisolir Akibat Banjir dan Longsor, Akses Menuju Kabupaten Pacitan Hari Ini Telah Dibuka

Sebelumnya, siklon tropis “Cempaka” mengakibatkan hujan dengan intensitas lebat di wilayahYogyakarta dan Pacitan yang mengakibatkan banjir.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, curah hujan di Yogyakarta pada 28 November 2017 yakni 286 mm/hari, sementara di wilayah Pacitan pada 27 November 383 mm/hari.

Curah hujan yang terjadi tersebut merupakan curah hujan kategori ekstrem (di atas 150 mm/hari).

Sementara itu, bibit siklon tropis di Barat Daya Bengkulu mengalami peningkatan kekuatan menjadi siklon tropis pada pukul 19.00 WIB dengan nama 'Siklon Tropis Dahlia' berada pada posisi 8.2 LS dan 100.8 BT (sekitar 470 km sebelah Selatan Bengkulu) dengan pergerakkan ke arah Tenggara menjauhi wilayah Indonesia

Lahirnya siklon tropis Dahlia akan berdampak pada peningkatan hujan lebat, tinggi gelombang, angin kencang, maupun potensi kilat/ petir di beberapa wilayah di Indonesia.

Dampak yang ditimbulkan seperti :

- Hujan sedang hingga lebat di pesisir Barat Bengkulu hingga Lampung, Banten, dan Jawa Barat bagian Selatan.

- Angin kencang > 20 knots (36 km/jam)  di pesisir Barat Sumatera Barat hingga Lampung, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

- Gelombang laut dengan ketinggian 2.5 - 4.0 meter di Perairan Kepulauan Nias, Perairan Kepulauan Mentawai, Samudera Hindia barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai.

- Gelombang laut dengan tinggi 4.0 - 6.0 meter di Perairan Enggano, Perairan Barat Lampung, Samudera Hindia Barat Enggano hingga Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten, Samudera Hindia Selatan Banten.

Dengan adanya situasi potensi cuaca ekstrem ini, BMKG menghimbau kepada masyarakat agar :

- Waspada potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat terutama di daerah rawan banjir dan longsor terutama di daerah dataran rendah, daerah cekungan, bantaran kali atau sungai, perbukitan, lereng-lereng dan pegunungan.

-Waspada terhadap potensi hujan disertai angin kencang* yang dapat menyebabkan pohon maupun papan reklame/baliho tumbang/roboh serta yang berbahaya bagi kapal berukuran kecil.

- Tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat/petir.

- Waspada peningkatan ketinggian gelombang laut yang diatas 2.5 meter


http://www.tribunnews.com/nasional/2017/11/29/setelah-badai-cempaka-hantam-yogyakarta-dan-pacitan-selanjutnya-waspadai-dahlia-di-wilayah-ini
Nama

ajnn.net beritakini.co Bisnis Bola Celebrity Economy Inspirasi Internasional Kesehatan Lifestyle modusaceh.co News okezone.com Otomotif Sains Seleb Sport Sports Techno Travel tribunnews.com
false
ltr
item
News - Gampong IT - Update Berita Terkini: Setelah Badai 'Cempaka' Hantam Yogyakarta dan Pacitan, Selanjutnya Waspadai 'Dahlia' di Wilayah Ini
Setelah Badai 'Cempaka' Hantam Yogyakarta dan Pacitan, Selanjutnya Waspadai 'Dahlia' di Wilayah Ini
http://cdn2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/banjir-di-pacitan_20171129_213650.jpg
News - Gampong IT - Update Berita Terkini
http://news.gampongit.com/2017/11/setelah-badai-cempaka-hantam-yogyakarta.html
http://news.gampongit.com/
http://news.gampongit.com/
http://news.gampongit.com/2017/11/setelah-badai-cempaka-hantam-yogyakarta.html
true
2012571414433884913
UTF-8
Tidak ditemukan artikel apapun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua REKOMENDASI LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan posting yang sesuai dengan permintaan Anda Halaman Utama Minggu Senin Selesa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Silakan share untuk membuka Salin Semua Code Pilih Semua Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin