Dijerat KPK, Setya Novanto Akan Minta Perlindungan Presiden Jokowi Jika Dipanggil Paksa

Korupsi KTP Elektronik TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengacara Ketua DPR sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto, Fredrich Yunadi me...

Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto 

Korupsi KTP Elektronik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengacara Ketua DPR sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto, Fredrich Yunadi mengatakan, pihaknya akan meminta perlindungan Presiden Joko Widodo jika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil paksa kliennya.

Menurut Fredrich, pemeriksaan kliennya selaku anggota DPR oleh penegak hukum harus seizin Presiden.

"Pasti. Kami akan minta perlindungan Presiden, TNI, Polri terhadap pihak yang melawan undang-undang," kata Fredrich di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar, Minggu (12/11/2017).

Ia juga membantah kliennya mangkir dari panggilan KPK saat hendak diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiharjo.

Fredrich mengatakan, pada panggilan pertama Novanto telah mengirim surat kepada KPK yang menyatakan tak bisa hadir karena mengikuti acara Dewan Perwakilan Daerah di Cirebon, Jawa Barat.

Sedangkan, pada panggilan kedua Novanto tak hadir karena merasa pemeriksaannya harus seizin Presiden. Fredrich menilai bahwa ini sesuai dengan amar putusan terhadap uji materi Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3).

"Justru (dengan tidak hadir) Pak Novanto taat hukum," lanjut Fredrich.

Padahal, putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 76/PUU-XII/2014 atas uji materi Pasal 224 Ayat 5 dan Pasal 245 Ayat 1 UU MD3, tidak membatalkan Pasal 245 Ayat 3 Poin c. Dengan demikian, pemeriksaan anggota DPR yang disangka melakukan tindak pidana khusus, yakni korupsi, narkoba, dan terorisme, tidak memerlukan izin Presiden.

Baca: Jalan Tol Becakayu yang Baru Diresmikan Jokowi Akhirnya Benar-benar Dijual Waskita Karya

Baca: Baby Margareta Kenalan Pertama dengan Pacar Bulenya di Mal

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi Febri Diansyah mengatakan, KPK telah mengirim surat panggilan pemeriksaan kepada Setya Novanto.

Novanto kembali dipanggil sebagai saksi atas tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiharjo dalam kasus korupsi e-KTP.

"Ya, benar. Surat panggilan sudah kami sampaikan untuk jadwal pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka ASS (Anang Sugiana Sudiharjo)," kata Febri melalui pesan singkat, Minggu (12/11).

Reporter: Rakhmat Nur Hakim

Artikel ini sebelumnya tayang di Kompas.com dengan judul: Novanto Akan Minta Perlindungan Jokowi jika KPK Memanggil Paksa


http://www.tribunnews.com/nasional/2017/11/13/dijerat-kpk-setya-novanto-akan-minta-perlindungan-presiden-jokowi-jika-dipanggil-paksa
Nama

ajnn.net beritakini.co Bisnis Bola Celebrity Economy Inspirasi Internasional Kesehatan Lifestyle modusaceh.co News okezone.com Otomotif Sains Seleb Sport Sports Techno Travel tribunnews.com
false
ltr
item
News - Gampong IT - Update Berita Terkini: Dijerat KPK, Setya Novanto Akan Minta Perlindungan Presiden Jokowi Jika Dipanggil Paksa
Dijerat KPK, Setya Novanto Akan Minta Perlindungan Presiden Jokowi Jika Dipanggil Paksa
http://cdn2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/setya-novanto_20171112_141938.jpg
News - Gampong IT - Update Berita Terkini
http://news.gampongit.com/2017/11/dijerat-kpk-setya-novanto-akan-minta.html
http://news.gampongit.com/
http://news.gampongit.com/
http://news.gampongit.com/2017/11/dijerat-kpk-setya-novanto-akan-minta.html
true
2012571414433884913
UTF-8
Tidak ditemukan artikel apapun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua REKOMENDASI LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan posting yang sesuai dengan permintaan Anda Halaman Utama Minggu Senin Selesa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Silakan share untuk membuka Salin Semua Code Pilih Semua Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin